PGN Saka dan Kegiatan Apa Saja Yang Dilakukannya?

PGN Saka sebagai afiliasi dari PGN Subholding Gas Pertamina, merupakan perusahaan hulu migas yang turut berkontribusi dalam upaya mencapai kemandirian energi Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara dengan populasi besar dan pertumbuhan ekonomi yang pesat, sehingga kebutuhan energi pun terus meningkat. Ini adalah tempat dimana PGN Saka memainkan peran pentingnya.

Fyi, buat teman-teman yang masih bingung tentang PGN Saka, berikut tonggak sejarah pertama yaitu didirikan pada tanggal 27 Juni 2011, PT Saka Energi Indonesia (PGN Saka) sebagai anak perusahaan hulu minyak dan gas bumi, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

PGN Saka


PGN Saka bekerjasama dengan induk perusahaan untuk mendapatkan, mengeksplorasi dan mengembangkan sumber daya gas alam dan melengkapi peran PGN sebagai industri yang bergerak di sektor midstream di Indonesia. Pemegang saham langsung PGN Saka adalah PGN dan PT PGAS Solution (anak perusahaan PGN lainnya) dengan kepemilikan masing-masing sebesar 99,997% dan 0,003%.

Sama seperti perusahaan lainnya, perusahaan inipun memiliki Visi menjadi perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas yang menguntungkan dan kuat secara finansial di bawah Indonesia Energy Holding.

Sedangkan Misi dari perusahaan ini yaitu memberikan energi untuk Indonesia, meningkatkan nilai pemegang saham dan meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan melalui sinergi dengan PGN Group.

Lokasi Operasi dari PGN Saka berada di Indonesia dan Internasional

Untuk lokasi di Indonesia, PGN Saka saat ini mengelola 10 (sepuluh) block di Indonesia. Enam di antaranya sepenuhnya dioperasikan oleh PGN Saka dengan kepemilikan 100%. Yaitu Muriah, Pangkah, South Sesulu, Sangkar, West Yamdena, dan Pekawai. Dan satu blok shale gas di Amerika Serikat (Internasional).

PGN Saka

Lokasi di Indonesia

PGN Saka
Lokasi di Indonesia

PGN Saka
Lokasi Internasional

Kegiatan PGN Saka antara lain :

1. Menjalankan Usaha dan Investasi di Bidang Hulu Minyak dan Gas

Dengan rekam jejak yang panjang di sektor bisnis perminyakan, PGN Saka telah berkontribusi dalam produksi cadangan minyak dan gas di Indonesia maupun dunia dengan tetap memperhatikan keselamatan lingkungan.

2. Eksplorasi

Sebagai upaya memaksimalkan potensi sumber daya, PGN Saka berkomitmen untuk terus melakukan ekspansi melalui berbagai strategi inovatif yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan energi domestik bahkan global.

3. Pengembangan di Bidang Minyak dan Gas Bumi

Melalui dedikasi tinggi, tim kami memimpin upaya untuk pengoptimalan potensi sumber-sumber energi, didukung oleh pengalaman dan pengetahuan yang luas dengan memanfaatkan teknologi canggih dan pendekatan inovatif.

4. Eksploitasi

Memaksimalkan efisiensi dalam pengoperasian, serta menjamin kurasi strategi terbaik dalam pengelolaan sumber daya yang efektif dalam mengurangi limbah, melestarikan sumber daya alam, dan meminimalkan risiko lingkungan yang potensial.


Upaya dalam pengurangan emisi saat ini menjadi fokus utama dalam penggunaan teknologi yang aman, ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk generasi mendatang. Upaya ini menjadi bagian dari komitmen PGN Saka untuk mendukung target pengurangan emisi sebesar 30 persen pada tahun 2030 yang ditetapkan oleh PT Pertamina (Persero). Langkah-langkah konkrit dilakukan demi menuju masa depan berkelanjutan.

Salah satu langkah penting dalam menjalankan program pengurangan emisi ini yaitu dengan pemasangan panel surya di lepas pantai (offshore) Sidayu (Blok Pangkah), dengan tujuan untuk menyediakan sumber energi independen bagi peralatan listrik dalam proyek tersebut. Terdapat panel surya pada bagian Well Head Platform C (WHP-C) dan WHP-D dengan total kapasitas mencapai 18,36 kilowatt peak (kWp).

Langkah signifikan yang dilakukan dalam menjaga ketahanan energi nasional serta menjaga lingkungan untuk generasi mendatang, dilakukan dengan memanfaatkan potensi sumber energi terbarukan, efisiensi energi, serta menjalankan program dekarbonisasi untuk pengurangan emisi.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)