Jenis Tabungan Wajib Dimulai Sejak Dini agar Hidup Tenang

Punya tabungan yang cukup akan membantu kamu hidup dengan lebih tenang dan nyaman. Hanya saja ada banyak tantangan yang mungkin akan kamu jumpai saat menabung. Bisa jadi ada banyak kebutuhan lain yang harus kamu penuhi sehingga menabung terasa sulit.

Tabungan

Sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/anonymous-woman-using-laptop-in-bedroom-3975590/

Sebenarnya menabung bisa jadi lebih mudah jika kamu punya persiapan yang matang. Pengelolaan finansial yang baik dan konsistensi saat menabung adalah kunci penting yang harus kamu terapkan. Selain itu kamu juga perlu menabung dalam pos-pos yang berbeda demi tercapainya hidup yang tenang dan merdeka finansial.

Jenis Tabungan yang Wajib Dimulai Sejak Dini

Demi mencapai kesejahteraan finansial dalam hidup, kamu perlu mempersiapkan banyak hal. Tidak ada salahnya untuk memiliki beberapa jenis tabungan agar kamu bisa lebih siap. Selain itu persiapan menabung sejak dini sangat penting untuk dilakukan agar targetmu bisa tercapai di waktu yang tepat.

Kebutuhan masing-masing orang mungkin berbeda. Namun ada beberapa jenis pos menabung yang sebaiknya diterapkan oleh semua orang. Berikut ini 5 jenis pos menabung yang sebaiknya kamu miliki dan kamu mulai sedini mungkin.

Simpanan Darurat

Pertama ada simpanan darurat yang harus dimiliki oleh semua orang meskipun jumlahnya tidak besar. Ini merupakan simpanan dana yang dipersiapkan untuk menghadapi berbagai situasi darurat. Artinya situasi tersebut tidak kamu duga sebelumnya atau terjadi secara tiba-tiba.

Setiap orang bisa saja mengalami sebuah kondisi darurat yang tidak disangka sebelumnya. Dalam kondisi tersebut, bisa jadi kamu harus mengeluarkan banyak uang. Jika tidak ada persiapan dana darurat, maka kamu perlu mengambil uang dari rekening utamamu.

Hal seperti ini bisa membuat keuanganmu bocor. Kamu bisa jadi lebih boros apalagi jika pengeluaran darurat tersebut cukup besar. Jadi lebih baik langsung kamu persiapkan dana daruratnya sedini mungkin dengan menyisihkan sedikit demi sedikit per bulan.

Dana Pendidikan

Selanjutnya ada dana pendidikan yang juga perlu kamu persiapkan sedini mungkin. Dana pendidikan yang dimaksud di sini bisa berupa dana pendidikan untukmu jika kamu berencana melanjutkan sekolah. Namun bisa juga dana pendidikan untuk anak-anakmu di masa depan.

Perlu diketahui bahwa pendidikan merupakan salah satu kebutuhan utama yang penting untuk dipenuhi. Biaya pendidikan dari waktu ke waktu juga tidak bisa dibilang murah, bahkan semakin mahal. Itulah mengapa penting sekali untuk mulai menabung dana pendidikan sejak dini.

Dana Pensiun

Ada juga simpanan dana pensiun yang juga memiliki fungsi penting dalam hidupmu. Kamu tentunya tidak ingin terus bekerja seumur hidup bahkan meskipun sudah waktunya beristirahat, bukan? Kamu pasti menginginkan waktu pensiun dan menikmati hidup yang kamu inginkan tanpa harus aktif bekerja.

Demi mendapatkan hidup yang nyaman saat pensiun, kamu perlu menabung sedini mungkin. Persiapkan dana pensiun sejak dini agar kehidupan impianmu di masa pensiun bisa tercapai. Tentunya kamu harus mulai menyisihkan penghasilan sedini mungkin, bisa lewat tabungan online yang aman dan terpercaya.

Kamu juga perlu membuat perhitungan yang matang agar bisa mendapatkan dana pensiun sesuai target. Perhitungkan berapa biaya hidupmu setelah pensiun nanti. Lalu hitung berapa banyak waktu yang dibutuhkan agar target tersebut bisa tercapai. Semakin banyak dana pensiun terkumpul maka akan semakin baik.
Tabungan

Sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/crop-faceless-male-typing-on-laptop-in-bedroom-4022022/ 



Investasi

Penting juga bagi kamu untuk mulai berinvestasi. Sisihkan dana khusus untuk melakukan investasi di instrumen yang tepat. Saat ini ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa kamu pakai demi mencapai tujuan finansial di masa depan.

Investasi ini akan membantu kamu mendapatkan hal-hal yang kamu inginkan dengan persiapan dana yang matang. Misalnya saja kamu ingin membeli mobil, maka kamu bisa menyisihkan dana lewat investasi. Bisa juga investasi ini kamu pakai untuk melakukan upgrade gadget, renovasi rumah, dan lain sebagainya.

Jika kamu berinvestasi di instrumen yang tepat, imbal hasil yang kamu dapatkan juga pastinya akan cukup besar. Daripada mendiamkan uang di rekening yang tidak berkembang, lebih baik kamu alokasikan saja untuk berinvestasi di instrumen yang punya potensi bertumbuh.

Dana Asuransi

Pos menabung berikutnya yang juga penting untuk kamu mulai sejak dini adalah dana asuransi. Bagaimanapun juga kamu membutuhkan beberapa jenis asuransi yang mungkin akan memberi manfaat di masa depan. Jenis asuransinya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Asuransi kesehatan, kendaraan, dan asuransi jiwa menjadi beberapa contoh asuransi yang penting untuk dimiliki. Kamu bisa pilih perusahaan asuransi yang paling bisa dipercaya dan pastikan kamu mendapatkan manfaat optimal dari layanan asuransi tersebut.

Seringkali kebutuhan akan asuransi ini diabaikan begitu saja. Asuransi dianggap tidak memberi manfaat dan memperbesar pengeluaran. Padahal jika kamu memilih layanan asuransi yang tepat, kamu bisa mendapat banyak manfaat. Iuran preminya bisa langsung kamu sisihkan dengan strategi menabung yang tepat.

Kamu bisa mengelola semua pos tabungan tadi sejak dini bersama Aplikasi digibank by DBS. Proses buka rekeningnya sangat mudah dan 100% digital. Kamu juga bisa mengakses semua kebutuhan finansialmu seperti investasi, asuransi, dan tabungan dalam satu aplikasi.

Aplikasi digibank by DBS juga menawarkan produk Tabungan Maxi yang akan membuat proses menabung jadi lebih efektif dan mudah. Ada 20 Dompet Maxi yang bisa kamu kelola sesuai pos-pos kebutuhanmu. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan bunga tinggi per tahun.

Tunggu apa lagi? Langsung saja manfaatkan semua fitur yang ada pada produk tabungan dari Aplikasi digibank by DBS ini. Nikmati kemudahan menabung dan rasakan manfaatnya untuk keuanganmu di masa depan. Klik di sini jika kamu tertarik mendapatkan informasi lebih lengkap.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)