Lulusan Farmasi Jadi Apa?

Salah satu prospek kerja farmasi paling jelas tentu saja di dunia kesehatan seperti rumah sakit, apotek, dan laboratorium klinik. Apoteker jelas menjadi salah satu peluang kerja paling utama bagi lulusan jurusan ini.

Dengan keahlian yang dimiliki, nantinya teman-teman bisa bekerja di bagian apoteker. Meracik obat sesuai dosis yang diberikan oleh dokter. Pekerjaan yang pastinya sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Jurusan farmasi


Nah, teman-teman sudah pada tahu belum ya? Saya rasa teman-teman yang sudah terjun ke dunia farmasi mengetahui tentang sejarah ini, bagaimana persatuan ahli farmasi Indonesia bisa menjadi kompak dalam satu wadah seperti ini. Agar lebih jelas, teman-teman bisa mengunjungi website https://pafi.id/.

Pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta dibentuklah suatu Organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia“ sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia selanjutnya disingkat “PAFI”. Enam bulan setelah Proklamasi Negara Republik Indonesia, dibentuklah secara nasional PAFI yaitu tepatnya pada tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka Yogyakarta dan sebagai anggota pendiri yang berjasa diangkatlah Ketua PAFI pertama, Bpk. Zainal abidin.

Nah... terus, apa aja yang akan dipelajari di jurusan Farmasi? Yang pasti di jurusan Farmasi teman-teman akan belajar mencampur, meracik, mengombinasi, menganalisis, atau menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman. Pastinya diperlukan fokus, teliti dalam meraciknya agar nantinya tak fatal.

Fyi, jurusan farmasi merupakan sebuah program dengan fokus studi di bawah payung ilmu medis. Materi utama jurusan ini adalah ilmu pengobatan, di mana mahasiswa di dorong untuk melihat proses pembuatan obat degala hal lain yang perlu diketahui oleh apoteker seperti interaksi senyawa kimi pada obat, sesuai ujaran Oxford.

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila, Organisasi PAFI adalah Organisasi Profesi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.

Tujuan PAFI sendiri yaitu :
  1. Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia
  3. Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia
  4. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Pastinya dengan membaca artikel ini teman-teman sudah semakin mengenal PAFI. PAFI merupakan bagian dari masyarakat Indonesia.

Salah satu prospek kerja farmasi paling jelas tentu saja di dunia kesehatan seperti rumah sakit, apotek, dan laboratorium klinik. Apoteker jelas menjadi salah satu peluang kerja paling utama bagi lulusan jurusan ini.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)