Manfaat Bekerja di Bidang Farmasi

Tenaga kesehatan pada umumnya dikelompokkan menjadi berbagai profesi, misalnya dokter, dokter gigi, apoteker, perawat, fisioterapis, bidan, tenaga vokasi farmasi, psikolog klinis, dan sebagainya. Seorang tenaga kesehatan juga bisa merupakan seorang ahli kesehatan masyarakat yang mengabdi pada masyarakat dan membantu mereka terkait hal-hal mengenai kesehatan.

Pafi lebong


Farmasi merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan menjanjikan, karena obat-obatan adalah kebutuhan dasar manusia. Karena itulah, para ahli farmasi selalu dibutuhkan di seluruh dunia untuk memastikan kesehatan masyarakat terjaga dengan baik. Jika tenaga farmasi berkurang maka siapa lagi yang akan meracik obat-obatan tersebut sesuai takaran tertentu sehingga bisa dikonsumsi oleh banyak orang dengan aman.

Bidang farmasi merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan menjanjikan, karena obat-obatan adalah kebutuhan dasar manusia. Para ahli farmasi selalu dibutuhkan tidak hanya di Indonesia saja namun di seluruh dunia ahli farmasi banyak dibutuhkan untuk memastikan kesehatan masyarakatnya dalam suatu negara terjaga dengan baik. Ahli kesehatan sangat dibutuhkan dalam hal ini, selain farmasi peran dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya sangat dibutuhkan.

Peran-peran yang dijalankan oleh farmasis di masyarakat yaitu memberikan pelayanan kefarmasian kepada pasien,beriinteraksi secara langsung atau patient care. Sebelum melangkah lebih jauh, kita ketahui bersama bahwa farmasis diluar negeri bisa dikatan lebih maju dibandingkan farmasi di Indonesia. Namun, kita sebagai masyarakat Indonesia jangan berkecil hati, justru farmasis harus tetap semangat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia. Walaupun begitu ahli farmasi dan ahli kesehatan lainnya di Indonesia sudah memberikan yang terbaik untum masyarakat dan negara.

Menurut saya banyak sekali peluang bisnis kefarmasian di zaman sekarang ini. Apalagi adanya sosial media yang mempermudah segalanya dalam membantu banyak peluang kerja sampingan dan mandiri. Namun untuk peluang bisnis yang berkaitan dengan klien untuk bekerjasama meliputi produksi, distribusi dan pelayananan.

Bagian produksi merupakan inti dari pembuatan obat. Mungkin pada bagian ini adalah mengatur produksi obat mulai dari langkah penimbangan sampai dengan produk jadi dirilis QA. Pengaturan tersebut mulai dari pengaturan jadwal produksi, pengaturan jadwal operator dan pengaturan administrasi yang menyertainya.

Kegiatan produksi, distribusi dan pelayananan dapat dilakukan dengan membuat pabrik obat, bahan obat tradisional atau kosmetik, mendirikan apotik, juga PBF (Pedagang Besar Farmasi). Peluang lain seorang apoteker bisa menjadi ASN di Dinkes, POM, Militer, Kepolisian, BNN, dosen, peneliti.

Jika teman-teman tertarik masuk jurusan ini, maka teman-teman akan belajar mengidentifikasi, meracik, menyeleksi, memelihara, hingga menganalisis obat dan bahan obat berdasarkan standar kelayakan. Oleh sebab itu yang masuk Jurusan Farmasi mungkin saja bisa menjadi seorang penemu obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang sebelumnya belum ditemukan oleh ahli farmasi lainnya.

Sekarang teknologi sudah canggih dan keuntungan teknologi di bidang kesehatan tentunya memudahkan pasien. Hadirnya teknologi sangat memudahkan pasien terutama dalam mengakses informasi dan pelayanan kesehatan. Hanya dengan ponsel atau komputer, kini pasien dapat mengakses berbagai macam informasi kesehatan di internet.

Fyi, jurusan farmasi merupakan sebuah program dengan fokus studi di bawah payung ilmu medis. Materi utama jurusan ini adalah ilmu pengobatan, di mana mahasiswa di dorong untuk melihat proses pembuatan obat degala hal lain yang perlu diketahui oleh apoteker seperti interaksi senyawa kimi pada obat, sesuai ujaran Oxford.

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila, Organisasi PAFI adalah Organisasi Profesi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.

Tujuan PAFI sendiri yaitu :

  1. Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia
  3. Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia
  4. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Pastinya dengan membaca artikel ini teman-teman sudah semakin mengenal PAFI. PAFI merupakan bagian dari masyarakat Indonesia. Coba teman-teman cek pafilebong.org untuk lebih mengenal PAFI yang ada di daerah Bengkulu.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)