Review Prakerja 2024

Assalamualaikum, semoga para pembaca www.dwipuspita.com selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya. Nah, dalam artikel ini saya ingin membahas dan mereview tentang Prakerja 2024. 

Review prakerja 2024



Review Prakerja 2024

Program Kartu Prakerja adalah program beasiswa pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Program ini ditujukan bukan hanya untuk para pencari kerja, tapi juga mereka yang sudah bekerja maupun buruh yang ingin mendapatkan peningkatan skill atau kompetensi, juga pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Banyak sekali cerita dari para Alumni Prakerja yang sukses setelah melakukan pelatihan karena mereka langsung action dengan ilmu yang didapatkannya dari pelatihan. Salah satu contohnya adalah Alim Hajar Ikramah dari Jember Jawa Timur. Ia mengikuti pelatihan Media Social Marketing agar lebih paham cara mengelola media sosial sebagai branding dirinya. Sekarang ia pun berhasil menjadi penulis di salah satu platform. Tidak hanya itu, ada lagi cerita alumni prakerja yang sukses yaitu Hujaipah. Pada kegiatan Temu Alumni Prakerja di Swiss-Belhotel Jambi tanggal 19 September 2024 bulan kemarin, beberapa alumni berkumpul dan bertemu.

Dalam kesempatan itu pula para alumni Prakerja berbagi cerita dan masukan atas pengalaman mereka mengikuti pelatihan dari Prakerja. Salah satu kisah menarik yang disampaikan oleh Hujaipah, alumni Prakerja gelombang 27 asal Kota Jambi yang mengambil pelatihan pembuatan kue. Berbekal pelatihan yang didapatkan di Prakerja, Hujaipah berhasil memulai usaha berjualan donat hingga memiliki karyawan dan outlet di Pematang Sulur. Keren banget ya, karena membuka lapangan pekerjaan kepada kerabat, tetangga, ataupun orang-orang terdekatnya.

Ada cerita menarik lainnya tentang cerita alumni Prakerja yang sukses.Pada kegiatan temu alumni lainnya yaitu Temu Alumni Prakerja yang diselenggarakan di Harper Palembang pada tanggal 26 September 2024. Salah satu kisah Alumni Prakerja sukses datang dari Deri Liansyah asal Lubuk Linggau. Ia dulu bekerja sebagai ‘tukang listrik jalanan’. Ia kesulitan mendapatkan pekerjaan karena belum memiliki keahlian instalasi listrik yang memadai maupun sertifikasi legal. Melalui Prakerja, Deri mengikuti pelatihan instalasi listrik dan pemasaran digital menggunakan Google Ads. Berkat pelatihan tersebut, ia berhasil mendapatkan sertifikat dan mengembangkan bisnis listriknya dengan memanfaatkan Google Ads serta media sosial untuk pemasaran. Keahlian instalasi listriknya juga diterapkan dalam bidang Teknik Pendinginan dan Tata Udara (TPTU). Hingga kini ia merupakan salah satu dari 5 Asesor Level 5 TPTU yang ada di Indonesia. Bisnisnya pun telah berkembang menjadi sebuah perusahaan bernama PT Fardan Electronic Tri Tunggal yang melayani berbagai perusahaan baik regional, nasional, bahkan luar negeri. Melalui Prakerja, Deri dapat mengembangkan skill tentang kelistrikan yang pada akhirnya bisa meningkatkan taraf hidupnya sekaligus membuka peluang kerja dan penggerak ekonomi bagi orang lain.

Cerita alumni Prakerja ini pastinya memberikan motivasi bagi kita bahwa usaha dan keinginan yang sungguh-sungguh tidak akan mengkhianati hasil. Kegiatan Temu Alumni Prakerja ini bertujuan untuk memperkuat jaringan antar alumni sekaligus berbagi pengalaman dan inspirasi dari perjalanan mereka selama mengikuti Program Kartu Prakerja.

Dampak positif Prakerja bagi orang-orang sangatlah nyata. Terbukti Alim, Hujaipah dan Deri kini bisa mandiri pun bisa membuka lapangan perkerjaan untuk banyak orang terutama orang-orang disekitarnya. Tidak ada hal yang mustahil jika kita memiliki keterampilan, niat, dan kesungguhan dalam usaha yang kita tekuni. Semuanya tinggal menunggu waktu saja untuk memetik dari hasil jerih payah usaha tersebut.

Prakerja adalah program human capital investment berskala besar dan inklusif bagi pekerja. Program ini membuka pintu untuk seluruh warga negara Indonesia yang ingin meningkatkan keterampilan. “Prakerja juga merupakan program empowerment, karena setiap individu unik, punya minat dan bakat yang berbeda-beda sehingga melalui Prakerja, mereka bisa mendapat kesempatan untuk naik kelas, meningkatkan kesejahteraannya secara bermartabat dan berkelanjutan.


Keberhasilan Prakerja sudah terbukti nyata, salah satunya dengan ajang kumpul antar alumni agar mereka bisa sharing dan bersilaturahmi. Rangkaian kegiatan ini menjadi langkah konkrit dalam membangun jejaring yang kuat antara alumni juga komunitas, serta memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat Jambi untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan melalui Program Kartu Prakerja. Hingga saat ini, Prakerja telah diakses oleh 18,9 juta orang dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia untuk meningkatkan daya saing dan kompetensi masyarakat Indonesia. Kedepannya, Prakerja akan terus menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dan jejaring alumni Prakerja di seluruh Indonesia.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)